Rabu, 28 September 2016

Pertanyaan dan jawaban seputar Fisika Dasar - GLB dan GLBB

GLB dan GLBB

Q : apa yang dimaksud GLB dan GLBB?
A : GLB adalah gerak yang lintasannya lurus dan memiliki kecepatan yang tetap sedangkan GLBB adalah gerak yang lintasannya lurus dan memiliki kecepatan yang berubah ubah dan percepatannya tetap.

Q : apa perbedaan GLB dan GLBB ?
A : Perbedaannya adalah sebagai berikut

GLB  : Kecepatan tetap, percepatan = 0, jarak terus bertambah secara konstan
GLBB : Kecepatan terus bertambah/berkurang secara konstan(linier), percepatan tetap, jarak bertambah secara kuadratis

Q : Apakah ada hukum yang melandasi GLB dan GLBB, jika iya hukum apa saja?
A : Iya ada yaitu hukum 1 Newton dan hukum 2 Newton.

Q : Dimana letak hukum 1 newton dan hukum 2 newton di percobaan GLB & GLBB?
A : GLB dilandasi hukum 1 newton yang berbunyi apabila total gaya yang bekerja pada benda sama dengan 0 maka benda tersebut apabila diam akan tetap diam dan apabila benda tersebut bergerak akan terus bergerak dengan kecepatan tetap.
GLBB dilandasi hukum 2 newton yang berbunyi percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada benda, berbanding lurus dengan besar gayanya dan berbanding terbalik dengan masa benda.
a = F / m

sehingga dapat disimpulkan yang menyebabkan adanya percepatan adalah gaya yang bekerja pada benda itu. Misalnya saat kita mendorong benda dengan gaya sebesar A maka percepatannya akan diperoleh dengan membaginya dengan massa benda yang kita dorong tersebut.



Q : Lalu mengapa pada GLB benda bisa bergerak padahal dikatakan percepatanannya 0?
A : Karena pada GLB adalah keadaan ideal dimana tidak ada pengaruh gaya lain seperti gaya gesek atau gaya dorong sehingga benda yang sudah diberikan gaya dorong lalu dilepas maka keadaan setelah didorong itulah yang disebut GLB dimana terus bergerak tanpa ada gaya yang menghentikannya. Hal ini berbeda dengan GLBB yang terus didorong sehingga kecepatannya terus bertambah.

Q : Sebenarnya ada berapa hukum newton ?
A : Hukm newton ada 3 yang dua sudah disebutkan di atas, sisanya adalah hukum 3 newton yaitu F aksi = - F reaksi. Bunyinya "Jika benda pertama mengerjakan gaya terhadap benda kedua, maka benda kedua akan mengerjakan gaya terhadap benda pertama yang besarnya sama, tetapi arahnya berlawanan."
contohnya adalah saat kita mendorong tembok maka kita akan merasakan ada yang mendorong balik ke tangan kita, gaya itulah yang dimaksud dalam hukum 3 newton.

sekian dulu pertanyaan tentang GLB dan GLBB. Kalau ada yang menambahkan atau mengoreksi silahkan berkomentar. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kenalan..