Rabu, 06 Februari 2013

Mekanisme Pernapasan




Pada bahasan sebelumnya yaitu tentang system respirasi manusia saya menjanjikan tentang mekanisme pernapasan. Tentunya yang akan saya bahas ini. Dimana pada saat bernapas, terjadi proses inspirasi dan ekspirasi. Adapun mekanisme pernapasan dibedakan atas pernapasan dada dan pernapasan perut.

Pernapasan Dada                                          Pernapasan Perut







A.     Pernapasan Dada
Pada saat Inspirasi
Otot antartulang rusuk bagian luar berkontraksi, tulang rusuk terangkat dan volume rongga dada membesar, hal ini membuat Tekanan udara di dalam rongga dada menjadi lebih kecil dibandingkan dengan udara luar sehingga udara dari luar masuk ke dalam rongga dada
Pada saat Ekspirasi
Otot antartulang rusuk bagian dalam kembali relaksasi sehingga tulang-tulang rusuk sedikit turun. Akibatnya, rongga dada menyempit sehingga terdorong keluar.
B.      Pernapasan Perut

Pada saat Inspirasi

Otot diafragma berkontraksi sehingga diafragma akan mendatar dan volume rongga dada menjadi lebih besar dan tekanan udara pada rongga dada menjadi lebih kecil dibandingkan dengan di luar, sehingga udara akan masuk ke dalam rongga dada.

Pada saat Ekspirasi

Otot dinding rongga perut berkontraksi, sehingga otot otot dalam rongga perut akan mendoron ke atas dan selanjutnya diafragma naik. Volume rongga dada menjadi lebih kecil akibatnya udara akan terdorong ke luar rongga dada.

Sumber : berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari kenalan..